Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Buah kurma mengandung nutrisi seperti niasin, thiamin, folat, dan riboflavin. Jadi tidak apabila buah kurma sangat baik untuk tubuh. Manfaat buah kurma sangat bagus dan bermanfaat bila dikonsumsi ibu hamil atau ibu menyusui karena mengandung oksitosin.  Hormon ini dapat bisa membantu merangsang kontraksi otot polos di rahang ketika akan melahirkan. Kurma juga bisa mengurangi terjadinya pendarahan ketika melahirkan.  Setelah melahirkan, sari buah kurma dapat bermanfaat dalam mengontrol kondisi ibu untuk mengembalikan nutrisinya yang hilang.  Buah kurma yang direndam dalam air selama 8 sampai 12 jam dengan wadah tertutup bermanfaat untuk mengeluarkan zat beresiko di tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk memulihkan sistem pencernaan dan membuang kelebihan asam perut.  Kandungan atau zat gizi yang terdapat di dalam buah kurma antara lain: Air Energi Protein Karbohidrat Serat Gula Total lemak Lemak jenuh MUFA PUFA Kolesterol Mineral Kalsium Zat Besi Magnesium Fosfor Kalium Sodium Seng Vitamin Vitamin A Vitamin B1 (tiamin) Vitamin B2 (riboflavin) Vitamin B3 (niasin) Vitamin B5 (asam pantotenat) Vitamin B6 (piridoxin) Vitamin B9 (folat) Vitamin B12 Vitamin C Vitamin E Vitamin K Fitonutrisi Beta karoten Beta kriptoxantin Lutein dan zeaxantin Likopen Kandungan dari buah kurma memang sangat banyak, maka tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi buah ini untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Kurma merupakan buah-buahan yang berasal dari Timur Tengah dan tergolong dalam jenis tanaman palma. Pohon kurma memiliki tinggi 15 sampai 25 m dan buah dengan panjang 3 hingga 7 cm berdiameter 2 sampai 3 cm biji tunggal.

Kurma dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok lunak, semi kering, dan kering. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat karena mengandung berbagai vitamin dan juga mineral yang cukup tinggi.

Buah kurma mengandung nutrisi seperti niasin, thiamin, folat, dan riboflavin. Jadi tidak apabila buah kurma sangat baik untuk tubuh. Manfaat buah kurma sangat bagus dan bermanfaat bila dikonsumsi ibu hamil atau ibu menyusui karena mengandung oksitosin.

Hormon ini dapat bisa membantu merangsang kontraksi otot polos di rahang ketika akan melahirkan. Kurma juga bisa mengurangi terjadinya pendarahan ketika melahirkan.

Setelah melahirkan, sari buah kurma dapat bermanfaat dalam mengontrol kondisi ibu untuk mengembalikan nutrisinya yang hilang.

Buah kurma yang direndam dalam air selama 8 sampai 12 jam dengan wadah tertutup bermanfaat untuk mengeluarkan zat beresiko di tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk memulihkan sistem pencernaan dan membuang kelebihan asam perut.

Kandungan atau zat gizi yang terdapat di dalam buah kurma antara lain:
  • Air
  • Energi
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula
  • Total lemak
  • Lemak jenuh
  • MUFA
  • PUFA
  • Kolesterol
  • Mineral
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Sodium
  • Seng
  • Vitamin
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niasin)
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B6 (piridoxin)
  • Vitamin B9 (folat)
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Fitonutrisi
  • Beta karoten
  • Beta kriptoxantin
  • Lutein dan zeaxantin
  • Likopen
Kandungan dari buah kurma memang sangat banyak, maka tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi buah ini untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat.

Sebagai perbandingan, Anda juga bisa melihat beberapa zat gizi yang ada pada buah pisang dan buah bit yang ada di postingan manfaat buah pisang dan manfaat buah bit.

Bisa Anda ketahui bahwa buah kurma memiliki manfaat yang sangat besar. Adapun manfaat buah kurma untuk tubuh adalah berikut ini :

1. Memiliki Kandungan Serat Yang Bagus Untuk Pencernaan

Serat yang terdapat di dalam kurma bermanfaat untuk membersihkan usus dari sisa-sisa kotoran selama proses pencernaan. Buah kurma juga mengandung serat larut yang berbentuk pektin dan sangat baik untuk pencernaan.

Kandungan serat pada buah yang belum masak seperti kurma juga berperan sebagai prebiotik yang akan membantu perkembangan bakteri untuk pencernaan.

2. Mencegah Datangnya Rematik

Kandungan mineral yang ada di buah kurma sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga otot. Mengonsumsi 15 buah kurma setiap harinya bisa membantu mencegah datangnya rematik karena mineral yang dikandung buah kurman antara lain seperti kalium, kalsium, magnesium, boron, dan sulfur.

3. Kurma Sebagai Sumber Energi

Buah kurma adalah buah yang mengandung energi cukup tinggi. Mengonsumsi 100 gram buah kurma mampu memenuhi energi harian 12 hingga 15 persen.

Jika Anda mengonsumsi kurma kering maka antioksidan yang terkandung di dalamnya akan menurun.
Kurma merupakan sumber daya instan yang sangat baik untuk menggantikan energi yang hilang apalagi saat berpuasa.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah karena mengandung suatu zat bernama kalium.

Kalium ini akan menstabilkan denyut jantung, mengatur desakan darah, danmengaktifkan kontraksi otot jantung.

Selain manfaat kurma muda, buah tomat juga sangat baik untuk kesehatan jantung, anda bisa membacanya di postingan manfaat buah tomat bagi kesehatan dan kecantikan.

5. Mencegah Kanker Otak

Kandungan mineral yang ada di buah kurma sangat tinggi seperti magnesium, potassium, sulfur, kalsium, dan boron. Mineral-mineral tersebut berguna dalam mencegah adanya kanker otak.

Jika mengonsumsi 15 butir buah kurma setiap harinya sehari-hari, maka akan memenuhi kebutuhan magnesium hingga 80 persen dan sulfur 70 persen.

6. Antioksidan Tinggi

Buah kurma mengandung antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.
Buah ini juga mengandung zat fitokimia seperti sterol, polifenol, tanin, dan karoten.

7. Mengobati Demam Berdarah

Buah kurma mampu meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah. Peningkatan kadar trombosit setelah mengonsumsi sari kurma yaitu bisa mencapai 23. 90% per harinya.

Sari kurma ini akan berperan meningkatkan produksi trombosit karena buah ini mengandung galaktosa, manosa, arabinosa, dan xilosa.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat larut dan tidak larut. Serat larut pada buah kurma berguna membersihkan saluran pencernaan.

Sedangkan serat tidak larut ini berguna mendukung perubahan prebiotik baik untuk membersihkan sistem pencernaan.

Di postingan lainnya juga telah dijelaskan beberapa buah-buahan seperti kurma yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Seperti di postingan manfaat buah matoa untuk kesehatan.

9. Mencegah Stroke

Mengonsumsi buah kurma bisa mencegah risiko terkena stroke hingga 40 persen karena kandungan kaliumnya sebanyak 400 mg/100 gram per harinya. Kalium ini bisa dipenuhi dengan cara mengonsumsi buah kurma minimal 5 butir setiap harinya.

Stroke adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja khususnya bagi penderita sakit jantung. Jika tekanan darah tidak stabil atau tinggi, maka risiko terkena stroke cukup besar.

Oleh sebab itu, bagi penderita tekanan darah tinggi harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan cara melakukan pola hidup sehat.

Buah kurma jika dikonsumsi juga baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebab kandungan kaliumnya sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga darah.
Selain itu kandungan manis dari buah kurma sangat alami sehingga baik bila dikonsumsi.  10. Mencegah Terjadinya Kekurangan Darah Atau Anemia  Anemia atau kekurangan darah adalah gejala penyakit yang cukup banyak diderita orang, khususnya wanita. Bahkan anemia ini sering sekali menyerang ibu yang sedang mengandung.  Namun mengonsumsi buah kurma akan membantu mencegah datangnya anemia karena buah ini mengandung zat besi dan kalsium. Kandungannya tersebut akan berperan dalam pembentukan sel darah merah.  Dengan begitu maka darah akan bertambah dan ibu hamil bisa tertolong dari anemia. Kandungan zat besi ini pada buah kurma juga sangat baik dalam meningkatkan produksi hemoglobin.  11. Mencegah Insomnia  Susah tidur atau insomnia tidak jarang menyerang banyak orang. Penyakit susah tidur ini bisa menyebabkan seseorang menjadi stres karena kekurangan waktu untuk tidur atau istirahat. Jika sudah begini maka efeknya aktivitas menjadi terganggu.  Akan tetapi yang perlu Anda tahu bahwa buah kurma mengandung vitamin B3 yang akan mengurangi gejala insomnia.  12. Meningkatkan Daya Ingat  Buah kurma ternyata sangat baik dalam menjaga kesehatan otak. Sebab buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi dan berguna dalam melancarkan distribusi oksigen ke otak.  Selain itu, kandungan kalium ini akan membantu melancarkan dan menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.  13. Mencegah Penggumpalan Darah  Buah kurma mengandung asam salisilat yang bermanfaat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, buah kurma juga berperan dalam mengontrol tekaan darah. Penggumpalan darah sangat berbahaya untuk tubuh, sebab bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.  Jadi sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi buah kurma dalam rangka mencegah adanya penyakit yang berbahaya ini.  Manfaat buah kurma memang sangat besar untuk tubuh manusia apalagi bagi kesehatan. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila kita mengonsumsi buah kurma setiap harinya. Selain itu kandungan manis dari buah kurma sangat alami sehingga baik bila dikonsumsi.

10. Mencegah Terjadinya Kekurangan Darah Atau Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah gejala penyakit yang cukup banyak diderita orang, khususnya wanita. Bahkan anemia ini sering sekali menyerang ibu yang sedang mengandung.

Namun mengonsumsi buah kurma akan membantu mencegah datangnya anemia karena buah ini mengandung zat besi dan kalsium. Kandungannya tersebut akan berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Dengan begitu maka darah akan bertambah dan ibu hamil bisa tertolong dari anemia. Kandungan zat besi ini pada buah kurma juga sangat baik dalam meningkatkan produksi hemoglobin.

11. Mencegah Insomnia

Susah tidur atau insomnia tidak jarang menyerang banyak orang. Penyakit susah tidur ini bisa menyebabkan seseorang menjadi stres karena kekurangan waktu untuk tidur atau istirahat. Jika sudah begini maka efeknya aktivitas menjadi terganggu.

Akan tetapi yang perlu Anda tahu bahwa buah kurma mengandung vitamin B3 yang akan mengurangi gejala insomnia.

12. Meningkatkan Daya Ingat

Buah kurma ternyata sangat baik dalam menjaga kesehatan otak. Sebab buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi dan berguna dalam melancarkan distribusi oksigen ke otak.

Selain itu, kandungan kalium ini akan membantu melancarkan dan menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

13. Mencegah Penggumpalan Darah

Buah kurma mengandung asam salisilat yang bermanfaat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, buah kurma juga berperan dalam mengontrol tekaan darah. Penggumpalan darah sangat berbahaya untuk tubuh, sebab bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Jadi sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi buah kurma dalam rangka mencegah adanya penyakit yang berbahaya ini.

Lihat dan baca juga mengenai manfaat labu siam untuk kolesterol.

Manfaat buah kurma memang sangat besar untuk tubuh manusia apalagi bagi kesehatan. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila kita mengonsumsi buah kurma setiap harinya.

Bantu sebarkan agar lebih banyak mengetahui manfaat kurma ini, dan postingan selanjutnya adalah manfaat buah salak.

Berlangganan artikel terbaru via email (GRATIS):

0 Response to "Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

- Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Artikel.
- Komentar yang mengandung SP4M akan otomatis ke kotak SP4M.
- Link/Url Aktif Mati akan dihapus.
- Terima Kasih Atas Komentar dan Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel