Tutorial Blog

Cara Membuat Dropdown Menu

Nha udah tahu kan? Dengan dropdown sajian kita dapat mnghemat space/ruang di blog kita, sebab dengan ukuran yang kecil menyerupai itu dapat menyimpan link dan text yang banyak. Itu dapat diisi dengan arsip, blogroll dll. Gimana? Mau mencobanya? Gini nih caranya :  Login ke blogger, trus masuk ke sajian "Page Element" trus pilih Add page elements --> HTML/JavaScript. Kemudian masukkan script berikut ini di kocat "Content" <select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;"> <option value="0" selected>Arsip Blog</option> <option value="Links 1">Text 1</option> <option value="Links 2">Text 2</option> </select> Text yang berwarna merah ialah link. ganti text2 tersebut dengan link2 kamu. Text yang berwarna biru ialah goresan pena yang ditampilkan. Itu juga harus km ganti.  Contohnya menyerupai ini : <select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;"> <option value="0" selected>Arsip Blog</option> <option value="www.assalam.link/search?q=membuat-menu-horizontal"> Cara Membuat Menu Horizontal </option> <option value="www.assalam.link/search?q=membuat-menu-horizontal"> Cara Membuat Search Engine </option> </select> Maka jadinya akan menyerupai ini :    untuk menambahkan sajian lagi, tambahkan aba-aba menyerupai ini : <option value="Links 2">Text 2</option> sebelum aba-aba </select>  Link dalam dropdown sajian di atas kalau di klik akan membuka link di halaman yang sama. Ini cocok untuk Arsip dan link-link yang masih bekerjasama dengan blog tsb.  Ada satu tipe lagi yang kalau diklik linknya maka akan membuka window gres tanpa menutup blog kamu. Yang ini cocok untu Blogroll atau Friend link. Cara mambuatnya menyerupai diatas tapi ganti aba-aba berikut <select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;"> ganti dengan aba-aba ini : <select onchange="javascript:window.open(this.options[this.selectedIndex].value);"> hasilnya akan menyerupai ini :    Gimana? Bisa nggak?  Trik dan tips yang bekerjasama : Dasar-Dasar HTML Membuat Kotak Blogroll

Apa sih menu dropdown itu?
Dropdown sajian yang menyerupai ini itu lho :

Nha udah tahu kan? Dengan dropdown sajian kita dapat mnghemat space/ruang di blog kita, sebab dengan ukuran yang kecil menyerupai itu dapat menyimpan link dan text yang banyak. Itu dapat diisi dengan arsip, blogroll dll.
Gimana? Mau mencobanya?
Gini nih caranya :

Login ke blogger, trus masuk ke sajian “Page Element” trus pilih Add page elements –> HTML/JavaScript. Kemudian masukkan script berikut ini di kocat “Content”

<select onChange=”document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;”><option value=”0″ selected>Arsip Blog</option><option value=”Links 1“>Text 1</option><option value=”Links 2“>Text 2</option></select>

Text yang berwarna merah ialah link. ganti text2 tersebut dengan link2 kamu.
Text yang berwarna biru ialah goresan pena yang ditampilkan. Itu juga harus km ganti.

Contohnya menyerupai ini :

<select onChange=”document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;”>
<option value=”0″ selected>Arsip Blog</option>
<option value=”www.assalam.link/search?q=membuat-menu-horizontal“> Cara Membuat Menu Horizontal </option>
<option value=”www.assalam.link/search?q=membuat-menu-horizontal“> Cara Membuat Search Engine </option>
</select>

Maka jadinya akan menyerupai ini :

untuk menambahkan sajian lagi, tambahkan aba-aba menyerupai ini :

<option value=”Links 2“>Text 2</option>

sebelum aba-aba </select>

Link dalam dropdown sajian di atas kalau di klik akan membuka link di halaman yang sama. Ini cocok untuk Arsip dan link-link yang masih bekerjasama dengan blog tsb.

Ada satu tipe lagi yang kalau diklik linknya maka akan membuka window gres tanpa menutup blog kamu. Yang ini cocok untu Blogroll atau Friend link.
Cara mambuatnya menyerupai diatas tapi ganti aba-aba berikut

<select onChange=”document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;”>

ganti dengan aba-aba ini :

<select onchange=”javascript:window.open(this.options[this.selectedIndex].value);”>

hasilnya akan menyerupai ini :

Rekomendasi :   Cara Menulis Artikel Secara Offline Di Blogspot Maupun Wordpress Terbaru

Gimana? Bisa nggak?

Trik dan tips yang bekerjasama :

Bagikan Postingan Ini:

Avatar

Bloggermyid

Bloggermyid.com merupakan sebuah platform online yang menyajikan beragam informasi teknologi, tips dan tutorial seputar komputer, internet, jaringan dan android. Serta informasi menarik lainnya mengenai perkembangan teknologi terkini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bloggermyid

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca