SuratAdministrasiSurat Resmi

Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Dalam situasi yang penuh pertimbangan, pada halaman kali ini kita membaca mengenai Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri. Membina Rumah Tangga Tidak Selamanya Terjalin atau Berjalan Secara HARMONIS. Di Tengah Perjalanan Kadang Mengalami Beberapa Kendala Atau Beberapa Permasalahan Yang Sifatnya Tidak Menyenangkan.

Di Dalam Sebuah Rumah Tangga Itu Sendiri Dan Lain Sebagainya. Permasalahan Rumah Tangga Dapat Dibedakan Menjadi Beberapa Bagian, Antara Lain :

  • Permasalahan Yang Dapat Diselesaikan Secara Kekeluargaan.
  • Permasalahan Yang Tidak Dapat Diselesaikan Secara Kekeluargaan.

Masalah Di Dalam Rumah Tangga Biasanya Dapat Diselesaikan Dengan Cara Kekeluargaan Selama Masih Bisa, Dan Kembali Lagi Kepada Personnya Yang Menjadi Pokok Permasalahannya.

Jika Personnya Sendiri Yang Tidak Mau Lagi Menyelesaikan Permasalahan Yang Dialaminya Secara Kekeluargaan, Maka Akan Diselesaikan Dengan Cara Proses Hukum Yang Sesuai Pokok Permasalahannya.

Sedangkan Permasalahan Yang Sama Sekali Tidak Bisa Diselesaikan Secara Kekeluargaan, Maka Akan Dilimpahkan/Dilibatkan Pihak Lain, Seperti Mengambil Jalan Penyelesaian Secara Hukum Dengan Mendatangi Kantor Pengadilan. Hal Itu Bisa Dilakukan Karena Sudah Tidak Bisa Lagi Diselesaikan Secara Kekeluargaan.

Nah Biasanya Yang Terjadi Di Kalangan Masyarakat Umum, Sebelum Proses Hukum Berjalan Atau Dalam Proses Penyelesaian Secara Kekeluargaan, Kedua Person Yang Mengalami Masalah Keluarga Akan Mengalami Yang Namanya Pisah. Pisah Disini Yaitu Kedua Person Tidak Lagi Tinggal Sama-Sama Dalam Satu Rumah, Atau Kata Kasarnya (Pisah Tempat Tidur).

Jika Keduanya Sudah Pisah Dan Tidak Ada Lagi Jalan Untuk Berbaikan Kembali, Maka Akan Diproses Secara Hukum. Dan Jika Hal Tersebut Terjadi, Setelah Mendatangi Kantor Pengadilan Atau Tempat Yang Dipilih Untuk Menyelesaikan Persoalan Keluarga Ini. Kemudian Akan Diminta Sebuah Tanda Bukti Bahwa Keduanya Benar-Benar Sudah Pisah Dan Tidak Mau Lagi Rujuk (Tidak Ada Jalan Jika Tidak Berpisah).

Rekomendasi :   Contoh Manajemen Laporan Bulanan Perpustakaan

Daftar Isi Konten

Apa Itu Surat Keterangan Pisah Suami Istri?

Surat keterangan pisah suami istri adalah dokumen resmi yang menyatakan bahwa pasangan suami istri telah mengambil keputusan untuk berpisah dan hidup terpisah satu sama lain. Pada surat keterangan ini mencakup berbagai informasi penting, termasuk nama pasangan, alamat terakhir, serta alasan hukum atau pribadi yang mendasari keputusan tersebut. Surat pisah ini dapat dibutuhkan dalam berbagai konteks hukum, administratif, dan finansial.

Poin-Poin Utama Dalam Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Untuk point utama di dalam surat keterangan pisah ini, dapat disimak halaman ini sampai selesai. Point tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Identitas Pasangan

Pertama-tama, dalam surat keterangan pisah suami istri, identitas lengkap pasangan harus dicantumkan dengan jelas. Ini meliputi nama lengkap, tanggal lahir, alamat terakhir, dan nomor identifikasi (jika berlaku).

2. Alasan Pemisahan

Poin penting berikutnya adalah penjelasan singkat mengenai alasan pemisahan. Meskipun tidak diperlukan dalam semua kasus, menyertakan alasan dapat membantu memberikan konteks dan pemahaman yang lebih baik kepada pihak yang menerima surat ini.

3. Keterangan Tentang Anak (Jika Berlaku)

Jika pasangan memiliki anak bersama, surat ini juga harus mencakup informasi mengenai anak-anak tersebut. Hal ini mencakup nama, tanggal lahir, dan keputusan terkait hak asuh anak.

Rekomendasi :   Contoh Surat Ajakan Resmi Perusahaan Dan Sekolah

4. Tanggal Efektif Pemisahan

Pastikan untuk mencantumkan tanggal efektif pemisahan dalam surat. Ini penting dalam konteks hukum dan administratif, serta dapat membantu mencegah kebingungan di masa depan.

5. Tanda Tangan dan Saksi

Surat keterangan ini harus ditandatangani oleh kedua belah pihak, yaitu suami dan istri. Selain itu, saksi independen juga dapat menandatangani surat sebagai bukti bahwa pernyataan dalam surat tersebut benar adanya.

Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Bagaimana Menyusun Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Berikut adalah panduan singkat mengenai bagaimana menyusun surat keterangan pisah suami istri:

  1. Judul dan Identitas: Mulailah dengan menuliskan judul “Surat Keterangan Pisah Suami Istri” di bagian atas surat. Cantumkan identitas lengkap pasangan di bawah judul.
  2. Pernyataan Pemisahan: Jelaskan dengan jelas bahwa pasangan telah memutuskan untuk berpisah dan menjalani kehidupan terpisah.
  3. Alasan (Opsional): Jika dianggap perlu, sertakan penjelasan singkat mengenai alasan di balik keputusan ini.
  4. Informasi Anak (Jika Berlaku): Jika pasangan memiliki anak, berikan informasi lengkap mengenai anak-anak, termasuk nama dan tanggal lahir.
  5. Tanggal Efektif: Cantumkan tanggal resmi pemisahan yang telah disepakati oleh pasangan.
  6. Tanda Tangan: Pasangan suami istri harus menandatangani surat di bawah pernyataan pemisahan.
  7. Tanda Tangan Saksi: Jika memungkinkan, sertakan tanda tangan dari saksi independen yang menyaksikan proses penandatanganan.

Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Jika Memerlukan Sebuah Tanda Bukti Atau Semacam Surat Keterangan Pisah, anda Bisa Mengambil Contoh Surat Pisah Berikut Ini.

SURAT KETERANGAN PISAH

Nomor : silahkan isi nomor sesuai dengan penomoran. Yang Bertanda Tangan Dibawah Ini : 

Nama    : Budi/wati, S.HI,. S.Sos. Jabatan  : Kepala Desa Menerangkan Bahwa : 

Nama : Sitti, S.Pd, Tempat Tanggal Lahir : Cenrana, 17 September 1969, Jenis Kelamin : Wanita, Agama : Islam, Pekerjaan : Guru SD Cenrana, Status Perkawinan : Kawin, Alamat : Desa Aang,

Bahwa Benar Nama Yang Kami Sebutkan Diatas Sepengetahuan Kami Tidak Hidup Serumah Lagi Dengan Suaminya (Sementara Proses Di Pengadilan Agama / Sidang Ke 12). Demikian Surat Keterangan Ini Kami Buat Dengan Sebenar-Benarnya Dan Dapat Dipergunakan Dimana Perlunya.

Cenrana, 19 April 2016, Kepala Kelurahan Cenrana, ABD, S.HI., S.Sos.

 Silahkan Anda Copy Paste Contoh Surat Keterangan Pisah Tersebut Di Atas Dan Lakukan Beberapa Editan Untuk Menyesuaikan Dengan Keperluan Anda. Surat Tersebut Adalah Contoh Surat Keterangan Pisah Dari Kepala Kelurahan-DESA.

Baca Juga Surat : Keterangan Hilang Ijazah Semua Tingkat Sekolah

Atau Anda Tidak Mau Susah Mengeditnya???, Silahkan Download Dengan Cara Klik Gambar Di Bawah Ini.

Masalah Di Dalam Rumah Tangga Biasanya Dapat Diselesaikan Dengan Cara Kekeluargaan Selama Masih Bisa, Dan Kembali Lagi Kepada Personnya Yang Menjadi Pokok Permasalahannya. Jika Personnya Sendiri Yang Tidak Mau Lagi Menyelesaikan Permasalahan Yang Dialaminya Secara Kekeluargaan, Maka Akan Diselesaikan Dengan Cara Proses Hukum Yang Sesuai Pokok Permasalahannya.

Kesimpulan Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Dalam situasi yang memerlukan keputusan penting seperti pemisahan suami istri, surat keterangan pisah suami istri menjadi bukti resmi yang mendasari keputusan tersebut. Dengan mengikuti Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menyusun surat ini dengan tepat dan akurat.

Penting untuk menjaga transparansi dan rasa hormat dalam menyusun surat ini, serta memastikan bahwa semua informasi yang disajikan adalah benar dan akurat. Semoga artikel Contoh Surat Keterangan Pisah ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan panduan dalam menyusun surat keterangan pisah suami istri. Terima Kasih

Bagikan Postingan Ini:

Avatar

Bloggermyid

Bloggermyid.com merupakan sebuah platform online yang menyajikan beragam informasi teknologi, tips dan tutorial seputar komputer, internet, jaringan dan android. Serta informasi menarik lainnya mengenai perkembangan teknologi terkini.


0 komentar pada “Contoh Surat Keterangan Pisah Suami Istri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bloggermyid

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca