Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Dan Cara Daftar Google Adsense Untuk Channel Youtube

Untuk monetisasi Youtube atau sering kita sebut sebagai adsense (Google Adsense), dan Anda bisa dapat tidak hanya melalui satu jenis saja. Youtube mempunyai banyak jenis cara agar Anda dapat meraup keuntungan hanya dengan satu akun Youtube yang Anda miliki.
Jaman Sekarang ini, penggunaan media sosial sudah sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Banyak kegunaan-kegunaan yang bisa Anda dapat jika Anda sadar atau melek dengan perkembangan teknologi.

Mulai dari saat Amda ingin memulai bisnis online, mengambil kepopularitasan, sebagai tempat memperluas bakat Anda, mempromosikan sesuatu atau bahkan mengambil keuntungan dari monetisasi.

Banyak Media Sosial yang bisa Anda jadikan tempat monetisasi, salah satunya adalah Youtube. Lalu, bagaimana cara monetisasi Youtube?

Apakah Itu Monetisasi Akun Youtube?
Secara harfiah, monetisasi adalah proses mengubah apapun, dalam hal ini media sosial, untuk menjadi sebuah alat pembayaran.

Sebenarnya bukan hanya sekedar Youtube yang bisa Anda jadikan sebagai monetisasi, namun banyak sekali media sosial lain seperti blog, Instagram dan lain sebagainya yang bisa juga Anda jadikan monetisasi.

Untuk melakukan yang namanya suatu monetisasi, artinya Anda harus membuat sebuah akun yang nantinya akan menjadi sebuah ruang untuk para pengiklan yang ingin mengiklankan produk mereka. Tentunya harga yang akan Anda hasilkan dari monetisasi tersebut tergantung dari banyak hal.

Karena kegiatan ini termasuk hal yang sah dan sangat menguntungkan, banyak orang yang berlomba-lomba ingin membuat akun monetisasi pada media sosial, terkhususnya Youtube.

Bukan hanya orang biasa, banyak artis terkenal seperti penyanyi, artis, sutradara, ataupun selebgram yang membuat akun Youtube untuk bisa mendapat monetisasi yang menguntungkan.

Untuk monetisasi Youtube atau sering kita sebut sebagai adsense (Google Adsense), dan Anda bisa dapat tidak hanya melalui satu jenis saja.

Youtube mempunyai banyak jenis cara agar Anda dapat meraup keuntungan hanya dengan satu akun Youtube yang Anda miliki.
Berikut jenis cara yang bisa Anda lakukan:

1. Dari Iklan atau Google Adsense

Apakah Anda pernah melihat sebuah iklan dari Google ketika saat Anda sedang membuka suatu website?, Iklan-iklan tersebut adalah hasil produk dari salah satu fitur unggulan yang Gogle keluarkan bernama Google Adsense.

Google Adsense adalah sebuah layanan dari Google yang memberikan program periklanan secara online bagi pembelinya. Google Adsense ini bekerja sama dengan banyak sekali website-website atau media sosial yang cukup populer seperti Instagram, Tiktok atau Youtube, dan lain sebagainnya.

Namun pada poin ini, Ada beberapa perbedaan yang signifikan dari Google Adsense dan Google Ads. Jika Google Adsense layanan untuk para penayang atau pemilik akun yang ingin me-monetisasi akun Youtube, blog, atau akun sosial lainnya dengan iklan.

Sedangkan Google Ads adalah fitur untuk Anda yang ingin membeli layanan dari Google tersebut. Untuk Google Adsense sendiri, pendapatan atau gaji yang Anda dapatkan akan terhitung dari seberapa banyak interaksi atau penayangan dari suatu iklan yang muncul pada akun Anda.

2. Membership Channel

Cara monetisasi Youtube selanjutnya adalah melalui membership channel. Selain dari iklan, sekarang Anda juga bisa memakai fitur channel membership untuk para subscriber. Cara kerja dari membership ini cukup mudah, artinya Anda harus menyediakan konten eksklusif untuk para pengikut.

Para subscriber dapat membayar dengan biaya sekitar $5 perbulan untuk dapat mengakses konten eksklusif tersebut yang Anda telah buat.

Untuk para subscriber yang membayar konten eksklusif untuk akun Anda juga akan mendapatkan badge khusus dari Youtube untuk bisa membedakan mereka dari para subscriber Anda yang lainnya.

Untuk Anda pemilik akun, pastikan akun Anda tersebut sudah mendapat 100.000 subscriber untuk bisa mengaktifkan fitur monetisasi ini.

Dari total akun monetisasi youtube melalui membership channel ini, pihak Youtube sendiri akan mengambil keuntungan sebesar 30% dari total pemasukan Anda, artinya anda sendiri akan mendapatkan 70%.

3. Merchandise

Untuk cara yang ketiga ini, Youtube bekerja sama dengan perusahaan yang menjual merchandise resmi seperti Teepublic, Teespring, dan lain sebagainya. Jika Anda sebagai kreator disebuah akun dapat memilih sekitar 20 pilihan merchandise yang bisa Anda jual kepada para subscriber.

Berbeda dengan membership channel, youtube tidak akan mengambil keuntungan apapun dalam penjualan merchandise Anda.

Namun, Anda harus mengumpulkan 10.000 subscriber pada akun youtube milik Anda agar supaya dapat mengaktifkan fitur merchandise ini. Akan tetapi cara monetisasi youtube yang satu ini masih berlaku untuk Anda yang tinggal di Amerika Serikat.

Jadi jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, Anda harus merubah lokasi Channel youtube Anda ke lokasi Amerika Serikat.

4. Super Chat

Cara monetisasi Youtube yang keempat adalah dengan Super chat yang ada pada fitur premier. Untuk cara kerjanya, Anda dapat mengirimkan video live atau yang telah Anda edit dengan jadwal yang bisa Anda susun. Fitur tersebut bernama fitur premier.

Perbedaan fitur ini dengan mengunggah atau upload video biasa adalah dengan fitur premier, Anda bisa mengumpulkan para subscriber channel Anda untuk bersiap-siap menonton video yang akan tayang ini.

Super Chat hanya bisa aktif untuk para subscriber Anda yang telah mengaktifkan membership channel mereka. Dengan adanya fitur Super Chat ini, Youtube menghapuskan fitur Fan Funding yang selama ini kurang efektif dalam mengumpulkan monetisasi youtube.

Fan funding juga tidak terkenal pada kalangan subscriber karena mereka tidak mendapatkan perbedaan apapun dengan para subscriber biasa.

Perbedaan unggul Super chat dengan Fan Funding adalah, para subscriber suatu akun channel yang menggunakan Super Chat bisa mendapat perhatian ekstra dari sang kreator.

Untuk menjadikan akun menjadi akun monetisasi Youtube yang dapat menguntungkan Anda, tentunya Anda perlu untuk menaati syarat-syarat yang ada.

Hal ini tentunya bertujuan agar memberi perbedaan untuk akun youtube yang berkualitas dengan akun youtube baru.

Syarat Untuk Mendaftar Google Adsense Channel Youtube

Untuk tahanp ini ada lagi beberapa syarat yang Anda harus ikuti untuk ikut bergabung atau menjadi mitra youtube. Berikut adalah syarat daftar adsense youtube yang bisa Anda ikuti:

1. Terverifikasi

Syarat pertama agar bisa mendaftarkan akun Anda untuk menjadi salah satu akun yang mendapatkan Google adsense dari Youtube adalah dengan mem verifikasi akun anda. Selain untuk keperluan monetisasi, memverifikasikan akun juga berguna agar Anda bisa mengirimkan video berdurasi panjang.

Video berdurasi panjang tersebut adalah video yang berdurasi lebih dari 15 menit. Lalu bagaimana langkah-langkah memverifikasikan akun?, Caranya cukup gampang. Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini:
  • Buka halaman upload pada akun channel youtube anda.
  • Klik “Increase your limit”.
  • Pilih metode Verifikasi. Ada 2 metode yang bisa Anda pakai, yaitu dengan memakai pesan suara dan pesan teks baik melalui email atau sms, yang akan berisikan kode verifikasi yang nantinya akan Anda masukkan pada kolom yang telah disediakan.
  • Setelah mendapat kode verifikasi, masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia.
  • Submit.
  • Ketika akun Youtube Anda sudah terverifikasi, akan muncul tampilan teks “Profile Verified”.

2. 4000 Jam Tayang

Syarat selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk mendaftar Google Adsense youtube adalah dengan memiliki 4000 jam tayang pada akun channel. Anda harus bisa mendapatkan 4000 jam tayang ini selama periode satu tahun (akumulasi 12 bulan).

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rajin mengunggah video menarik dan unik ke akun youtube milik Anda.

Semakin banyak dan semakin lama durasi video yang Anda buat, maka akan semakin cepat Anda mendapatkan syarat kedua ini.

Atau baca postingan mengenai 5 Aplikasi Gratis Untuk Meningkatkan Jam Tayang Pada Video Youtube, agar Anda bisa segera mendapatkan 4000 jam tayang.

3. 1000 Subscriber

Selain kedua syarat tersebut, Anda juga harus mendapatkan subscriber sebanyak 1000 orang pada akun channel. Hal itu mungkin susah-susah sulit untuk Anda lakukan.

Sulit karena tidak mudah untuk membuat sebuah konten yang banyak memiliki penggemar, namun juga mudah karena pengguna akun Youtube untuk jaman sekarang ini sudah mencapai angka 1,8 milyar. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak subscriber di akun Anda, yaitu:
  • Menjaga ke-originalitas konten.
  • Memberikan intro yang menarik pada 15 detik awal.
  • Memberikan data atau informasi yang akurat.
  • Menggunakan bahasa yang jelas dan lugas.

4. Hindari Komentar Spam

Saat Anda mengajukan diri untuk mendaftar pada Youtube Adsense, artinya Anda memberikan akses pada tim Youtube agar memantau akun Anda. Banyak sekali proses verifikasi kelayakan yang akan pihak Youtube lakukan.

Jika tim Youtube melihat akun anda memiliki banyak sekali komentar spam, atau bahkan Anda sendiri yang melakukan komentar spam tersebut, bisa jadi Anda tidak akan pernah mendapat izin untuk mendaftar pada Google Adsense.
cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima Google Adsense dari Youtube. Ingat bahwa untuk hal ini Anda harus sudah mendapatkan Subscribe minimal 1000, dan dan 4000 jam tayang dalam kurung waktu satu Tahun.
( Foto : Sumber )

Cara Daftar Google Adsense di Youtube

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima Google Adsense dari Youtube. Ingat bahwa untuk hal ini Anda harus sudah mendapatkan Subscribe minimal 1000, dan dan 4000 jam tayang dalam kurung waktu satu Tahun.

Untuk memulai mendaftar, Hal tersebut bisa Anda lakukan pada halaman menu monetisasi pada akun Youtube. Untuk Anda yang tidak mengetahui dimana menu monetisasi berada, silahkan mengikuti langkah berikut:
  • Pada akun Youtube milikmu sendiri, masuk ke dalam menu pengaturan akun.
  • Setelah itu, Pada halaman pengaturan atau “Setting”, klik tombol Creator Studio yang ada pada Icon Profile akun milik anda.
  • Pada bagian Chanel, klik tombol “Other Feature” lalu klik menu monetization untuk masuk ke halaman menu monetisasi Youtube.
Untuk mendaftarkan diri sebagai penerima akun Google Adsense, Anda akan menghadapi empat tahap utama. Berikut ini adalah tahapan dan penjelasannya.

1. Persetujuan Youtube Partner Program

Persetujuan ini berisi aturan-aturan yang wajib Anda ikuti selama menggunakan program ini. Jika Anda setuju, Anda dapat mengklik box yang bertuliskan “I Accept”.

2. Menghubungkan Akun Youtube dengan Google Adsense

Pada tahap ini Youtube mewajibkan Anda untuk menghubungkan akun adsense milikmu. Jika Anda belum mempunyai akun adsense sendiri, Anda bisa membuat akun Adsense khusus youtube pada tahap kedua ini. Anda bisa menekan tombol “Create Account” dan Anda akan langsung terhubung ke halaman dashboard Google Adsense. Buat akun Anda dan hubungkan dengan Youtube.

3. Atur Pilihan Monetisasi

Pada tahapan kali ini Anda harus melakukan beberapa langkah yaitu:
  • Pada halaman monetisasi, klik Start.
  • Ada empat pilihan yang bisa Anda pilih. Display Ads (Iklan yang berada pada sebelah videomu), Overlay Ads (iklan yang berada pada bagian layar video milikmu), Sponsored Cards (iklan yang berbentuk seperti kartu teaser kepada para pengunjung akun Anda), Skippable Video Ads (Iklan yang muncul pada awal, tengah, dan akhir video. Iklan ini bisa di skip, dan bervariasi durasinya).
  • Anda bisa memilih semuanya atau beberapa dari pilihan tersebut.
  • Hidupkan opsi "Monetize All Existing and Future Videos".

4. Review 4000 jam tayang dan 1000 subscriber

Tahap keempat ini yang perlu Anda lakukan adalah menunggu informasi pengajuan yang Anda lakukan. Pastikan video akun Anda mencapai 4000 jam tayangan dan juga 1000 subscriber agar akun Anda dapat dipertimbangkan dan diterima sebagai publisher Google Adsense.

Siap Menerapkan Cara Monetisasi Youtube?

Seperti itulah penjelasan lengkap tentang cara monetisasi youtube dengan Google Adsense. Apakah Anda tertarik dalam mengambil keuntungan jalur monetisasi youtube seperti yang telah disebutkan pada artikel ini?

Tentu saja untuk memulai suatu akun youtube untuk monetisasi, pastinya Anda harus memperhatikan berbagai macam syarat yang Youtube berikan agar dapat lulus dari pertimbangan. Sebaiknya baca juga postingan mengenai 5 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Youtube, karena postingan tersebut sangat berkaitan dengan postingan di halaman ini.

Demikian dan demoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat ataupun mengetahui beberapa hal mengenai akun monetisasi youtube. Seperti cara kerja yang benar dan sesuai dalam membuat akun monetisasi ataupun apa-apa saja jenis monetisasi yang bisa Anda lakukan. Salam sukses!

Post a Comment for "Syarat Dan Cara Daftar Google Adsense Untuk Channel Youtube"

Contact Form

Name Email * Message *