Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Masyarakat Atau Organisasi Aneh Yang Mungkin Tidak Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Untuk postingan kali ini merupakan sepuluh organisasi aneh yang mungkin belum pernah Anda dengar. Organisasi sering kali menjadi cara bagi setiap individu yang berpikiran sama untuk berkumpul dan mendiskusikan topik yang menarik bagi mereka. Mereka mungkin juga mulai dengan tujuan yang lebih mulia, dan mereka bahkan mungkin bekerja untuk itu demi keuntungan orang lain. Atau kelompok-kelompok ini mungkin hanya menjadi klub sosial bagi anggotanya.

Kadang-kadang, perkumpulan-perkumpulan ini memiliki konotasi negatif, dengan rencana jahat untuk mempengaruhi politik di seluruh dunia dan itu mungkin menjadi tuduhan umum yang dilontarkan terhadap mereka. Di lain waktu, itu hanyalah cara untuk terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan. Berikut ulasannya dan semoga ini menjadi sebuah wawasan baru bagi Anda.

1. Masyarakat Hemlock

Didirikan pada tahun 1980 oleh Derek Humphry di garasi Santa Monica miliknya, Hemlock Society menjadi salah satu organisasi hak-untuk-mati terbesar di AS. Filosofi utama mereka adalah bahwa orang harus diizinkan untuk mengakhiri hidup mereka sendiri secara legal, melalui penggunaan obat yang diresepkan oleh dokter [1]. (Mereka tidak percaya pada bunuh diri karena alasan emosional, hanya untuk mereka yang sakit parah atau tidak dapat disembuhkan).

Meskipun mereka tidak pernah secara resmi membantu siapa pun untuk bunuh diri, berbagai anggota telah membantu di masa lalu dengan anggota lain. (Beberapa orang membantah klaim ini, mengutip deskripsi racun dan tingkat mematikan yang ditemukan dalam literatur sebelumnya.)

Nama mereka diambil dari kisah kematian filsuf Yunani Socrates, di mana ia meminum racun hemlock. Tingkat keanggotaan dalam kelompok tersebut memuncak pada 1990-an sebelum kelompok yang berpikiran sama muncul, dan tingkat tersebut mulai menurun.

Pada tahun 2003, mungkin merasa seolah-olah rebranding dilakukan, grup tersebut mengubah namanya menjadi End of Life Choices, sebelum bergabung dengan organisasi baru bernama Compassion & Choices setahun kemudian. (Mereka juga menyingkirkan motto lama mereka: "Hidup yang baik, kematian yang baik.")

2. Asosiasi Orang Mati, Uttar Pradesh

Pada tahun 1975, seorang pria bernama Lal Bihari mengajukan pinjaman bank di distrik asalnya di Uttar Pradesh, India, namun hal itu ditolak. Ketika dia menanyakan alasannya, bank memberitahunya bahwa dia pasti berbohong tentang identitasnya karena Lal Bihari telah dinyatakan meninggal.  Maka dari itu mulailah perjalanan selama 18 tahun untuk membuktikan bahwa dia tidak benar-benar mati. (Ternyata pamannya telah menyuap seorang pejabat untuk mengambil alih bagian Bihari dari tanah pertanian leluhurnya.)  Setelah membuat sedikit kemajuan, Bihari mencari orang lain seperti dia. Dia akhirnya menemukan banyak orang di bawah tanah dan memutuskan untuk membentuk Asosiasi Orang Mati Uttar Pradesh.  Tujuan utama mereka adalah untuk memaksa pemerintah agar mengakui bahwa mereka masih hidup, sesuatu yang sering kali sejalan dengan pemulihan tanah yang secara ilegal diambil dari mereka oleh politisi korup dan anggota keluarga yang curang [2]. Selain menarik ribuan orang India ke grupnya, Bihari juga menerima Ig Noble Peace Prize pada 2003.
Gambar : i.dailymail.co.uk
Pada tahun 1975, seorang pria bernama Lal Bihari mengajukan pinjaman bank di distrik asalnya di Uttar Pradesh, India, namun hal itu ditolak. Ketika dia menanyakan alasannya, bank memberitahunya bahwa dia pasti berbohong tentang identitasnya karena Lal Bihari telah dinyatakan meninggal.

Maka dari itu mulailah perjalanan selama 18 tahun untuk membuktikan bahwa dia tidak benar-benar mati. (Ternyata pamannya telah menyuap seorang pejabat untuk mengambil alih bagian Bihari dari tanah pertanian leluhurnya.)

Setelah membuat sedikit kemajuan, Bihari mencari orang lain seperti dia. Dia akhirnya menemukan banyak orang di bawah tanah dan memutuskan untuk membentuk Asosiasi Orang Mati Uttar Pradesh.

Tujuan utama mereka adalah untuk memaksa pemerintah agar mengakui bahwa mereka masih hidup, sesuatu yang sering kali sejalan dengan pemulihan tanah yang secara ilegal diambil dari mereka oleh politisi korup dan anggota keluarga yang curang [2]. Selain menarik ribuan orang India ke grupnya, Bihari juga menerima Ig Noble Peace Prize pada 2003.

3. Perkumpulan Assassins, Universitas Durham

Universitas Durham, yang terletak di Timur Laut Inggris, adalah rumah bagi Situs Warisan Dunia UNESCO (Kastil Durham) dan, mungkin sedikit kurang terkenal, Perkumpulan Assassins Universitas Durham (DUAS). Didirikan pada tahun 1996, DUAS adalah salah satu komunitas pembunuh tertua, dan juga salah satu yang paling aktif, di dunia [3].

Mereka menjalankan sejumlah “permainan” yang berbeda sepanjang tahun ajaran, dengan durasi mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu. "Permainan" terdiri dari pemain yang mencoba "membunuh" pemain lain, biasanya dengan pistol Nerf atau pisau karton.

DUAS bahkan memberikan penghargaan kepada anggotanya, banyak dari mereka yang relatif konyol, seperti Penghargaan Stephen King untuk Narasi Terbaik, yang, satu tahun, diberikan kepada Millie Power karena menggunakan puisi dalam laporan pembunuhannya. Selain itu, ada sejumlah besar aturan, dengan kekhususan yang luar biasa, yang dengannya anggota memainkan "permainan".

4. Komisi Trilateral

Akhirnya! Kelompok rahasia pertama, penarik-pengungkit-politik-global, yang sarat konspirasi. Didirikan pada tahun 1973 oleh David Rockefeller, diduga setelah rekan-rekannya di Grup Bilderberg yang terkenal menolak untuk memasukkan anggota Jepang ke dalam klub.

Komisi Trilateral dirancang untuk mendorong kerja sama antara para pemimpin Jepang, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat. Rockefeller, serta para pendiri lainnya, melihat masalah dengan status quo, percaya bahwa berbagai negara yang membentuk Komisi Trilateral akan fokus mendapatkan keuntungan dari pada penyelesaian masalah bersama mereka [4].

Awalnya, grup ini hanya akan ada selama tiga tahun, tetapi pekerjaan mereka kemudian diperpanjang untuk periode tambahan hingga hari ini. Sejak berdirinya, berbagai daerah telah berkembang hingga mencakup negara-negara seperti Cina, India, dan Meksiko.

Ahli teori konspirasi sering menunjuk pada kelompok, seperti yang mereka lakukan dengan organisasi serupa, sebagai yang memimpin tuntutan untuk pemerintahan atau sistem ekonomi di seluruh dunia. (Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa banyak pemimpin industri politik atau swasta yang paling terkemuka telah atau menjadi anggota grup.)

5. The Gormogons

Secara resmi dikenal sebagai Ordo Kuno dan Mulia Gormogons, perkumpulan rahasia khusus ini muncul pada tahun 1724, ketika sebuah artikel di London's Daily Post menggambarkan kemunculan mereka di kota tersebut [5].

Mereka mengaku berasal dari Cina, ribuan tahun di masa lalu, dan tujuan mereka tampaknya menjadikan diri mereka sebagai anti-Freemason. Nyatanya, jika mantan Freemason ingin bergabung dengan grup, dia harus meninggalkan Ordo Masonik terlebih dahulu.

Karena mereka tidak meninggalkan dokumen atau tulisan apapun, asal-usul dan praktek Gormogons semuanya pasti hilang dari sejarah. Satu teori menyatakan bahwa grup tersebut adalah ciptaan Andrew Michael Ramsay, seorang Freemason yang bersemangat atau dikenal sebagai Chevalier Ramsay. Apa pun kebenarannya, mereka menghilang pada tahun 1738, di tahun yang sama Paus Clement XII menerbitkan bantengnya melawan Freemasonry.

6. The Seven Society/Masyarakat Tujuh

Sebuah kelompok yang sangat rahasia, Universitas Masyarakat Tujuh Virginia dan asal-usulnya diselimuti misteri. Mereka memiliki logo berupa angka tujuh, dikelilingi oleh tanda alpha, omega, dan infinity. (Penampakan resmi pertama simbol itu pada tahun 1905, di buku tahunan UVA, Corks & Curls.)  Adapun anggotanya, tidak ada yang yakin siapa yang ada di klub itu, dan mereka hanya terungkap setelah kematian mereka, ketika sebuah spanduk muncul di pemakaman anggota. (Lonceng Kapel Universitas, yang disumbangkan oleh Seven Society, juga akan berdentang dalam pola yang didasarkan pada angka tujuh.)  Satu-satunya kehadiran mereka didunia nyata adalah fakta bahwa mereka tampak sangat murah hati, sering kali memberikan uang dengan cara yang boros [6]. Selama pidato permulaan pada tahun 1947, sebuah ledakan kecil terjadi di dekat panggung, dengan cek sebesar $ 177.777,77 mengambang ke tanah.  (Uang itu digunakan untuk membentuk dana pinjaman tanpa bunga untuk setiap siswa, fakultas, atau anggota staf yang mengalami kesulitan keuangan.) Sumbangan lainnya termasuk $ 77,77 untuk memasang air mancur minum pada tahun 1955 dan $ 14,777,77 pada tahun 2008 untuk memulai bagi-bagi dana bagi siswa yang diajukan untuk meningkatkan perestasinya di UVA.
Gambar : Intisari.grid.id
Sebuah kelompok yang sangat rahasia, Universitas Masyarakat Tujuh Virginia dan asal-usulnya diselimuti misteri. Mereka memiliki logo berupa angka tujuh, dikelilingi oleh tanda alpha, omega, dan infinity. (Penampakan resmi pertama simbol itu pada tahun 1905, di buku tahunan UVA, Corks & Curls.)

Adapun anggotanya, tidak ada yang yakin siapa yang ada di klub itu, dan mereka hanya terungkap setelah kematian mereka, ketika sebuah spanduk muncul di pemakaman anggota. (Lonceng Kapel Universitas, yang disumbangkan oleh Seven Society, juga akan berdentang dalam pola yang didasarkan pada angka tujuh.)

Satu-satunya kehadiran mereka didunia nyata adalah fakta bahwa mereka tampak sangat murah hati, sering kali memberikan uang dengan cara yang boros [6]. Selama pidato permulaan pada tahun 1947, sebuah ledakan kecil terjadi di dekat panggung, dengan cek sebesar $ 177.777,77 mengambang ke tanah.

(Uang itu digunakan untuk membentuk dana pinjaman tanpa bunga untuk setiap siswa, fakultas, atau anggota staf yang mengalami kesulitan keuangan.) Sumbangan lainnya termasuk $ 77,77 untuk memasang air mancur minum pada tahun 1955 dan $ 14,777,77 pada tahun 2008 untuk memulai bagi-bagi dana bagi siswa yang diajukan untuk meningkatkan perestasinya di UVA.

7. The Trap Door Spiders/Perangkap Pintu Laba-laba

Pada tahun 1943, ilmuwan dan penulis Amerika John D. Clark menikah dengan seorang penyanyi opera. Sayangnya, teman-temannya, terutama penulis Fletcher Pratt, tidak menyukainya; Penghinaan Pratt untuk Nyonya Clark yang baru begitu buruk sehingga dia memulai klub khusus pria untuk bergaul dengan Tuan Clark sendirian [7].

Maka lahirlah Trap Door Spider. Mereka mendapatkan nama mereka dari tindakan laba-laba di pintu yang membuat jebakan, si laba-laba menutup pintu setiap kali ia memasuki liangnya untuk mencegah musuhnya keluar. (Musuh utama adalah Nyonya Clark.)

Grup asli terdiri dari sekitar 20 anggota, semuanya laki-laki, dan mereka bertemu sebulan sekali untuk makan malam dan mendiskusikan topik hari itu. (Wanita dapat diundang sebagai tamu tetapi hanya oleh tuan rumah makan malam.) Seperti beberapa organisasi lain dalam daftar ini, cara umum untuk menjadi anggota adalah dengan memilih setelah ada anggota yang meninggal.

Beberapa penulis fiksi ilmiah paling terkemuka pada zaman mereka adalah anggota, dengan Isaac Asimov, Martin Gardner, dan L. Sprague de Camp menjadi beberapa peserta yang lebih terkenal. (Faktanya, kelompok fiksi Asimov the Black Widowers dimodelkan setelah Trap Door Spider.)

8. The UK Roundabout Appreciation Society

Sebuah organisasi Inggris yang relatif tidak dikenal, UK Roundabout Appreciation Society (UKRAS) melakukan persis seperti yang tertulis di kaleng: Mereka adalah masyarakat yang menghargai bundaran [8].

Beroperasi dengan keyakinan bahwa hanya jalan lurus yang mengarah pada kebosanan yang tidak sedap dipandang, mereka mengusulkan pemasangan bundaran sedapat mungkin, serta menggunakan tanah di tengah bundaran untuk menempatkan karya seni, monumen, atau bahkan kincir angin. Bahkan, sebuah bundaran dengan kincir angin yang berfungsi dinobatkan sebagai yang terbaik di Inggris oleh UKRAS.

Didirikan oleh Kevin Beresford, setelah keberhasilan yang disebut dalam kalender "Best of British Roundabouts" yang dia cetak pada tahun 2003, grup tersebut berusaha keras untuk memotret bundaran paling menarik yang mereka temukan. Fakta menyenangkan: Nama panggilan Beresford adalah "Lord of the Rings".

9. The Dill Pickle Club

Meskipun sejak itu dibubarkan, Dill Pickle Club dibentuk pada tahun 1914 dan merupakan gagasan dari seorang pria bernama Archibald “Jack” Jones. Jones adalah organisator Kanada untuk Industrial Workers of the World, sebuah serikat pekerja yang berdedikasi untuk melindungi pekerja.

Setelah meninggalkan grup karena pertengkaran mengenai taktik mereka, dia memutuskan untuk memulai sebuah perkumpulan untuk membahas masalah perburuhan dan sosial [9].

Beberapa tokoh paling terkenal dalam sejarah Chicago adalah pelindung, termasuk Upton Sinclair dan Clarence Darrow. Sekaligus itu juga menjadi sebuah pidato, dan semakin populer di kalangan orang muda, terutama mereka yang masih kuliah.

Performa, baik artistik maupun musik, hanya menambah daya tarik Dill Pickle Club. Namun, pada awal 1930-an, Jones memutuskan untuk tidak lagi membayar uang perlindungan kepada massa, dan kelompok itu kemudian ditutup oleh polisi.

Semangat motto grup dapat diringkas dengan papan nama di pintu masuknya: kata "Bahaya" dan, yang tertulis di pintu, "Langkah Tinggi, Bungkuk Rendah, Tinggalkan Martabat Anda di Luar".

10. Klub Alfalfa

Didirikan oleh empat orang di Willard Hotel di Washington, DC, Alfalfa Club mendapatkan namanya dari beberapa palan/rencana orang tersebut. Untuk lebih spesifiknya, nama ini berasal dari akar tanaman, karena mereka "diduga akan melakukan apa saja untuk diminum" [10].

Selain itu, sebuah cerita yang kemungkinan apokrif mengatakan bahwa tanaman itu dibuat pada tahun 1913 untuk merayakan ulang tahun Robert E. Lee. Sebuah masyarakat yang hanya terdiri dari orang-orang super kaya atau super berpengaruh, memiliki sekitar 200 anggota, dengan lowongan hanya terbuka ketika ada anggota lama meninggal. Anggota baru harus diundang.

Adapun apa yang sebenarnya mereka lakukan, tampaknya mereka ada semata-mata untuk mengadakan jamuan makan malam tahunan pada hari Sabtu terakhir bulan Januari. Presiden Amerika Serikat secara tradisional diundang untuk memberikan pidato, dengan beberapa dari mereka datang lebih dari sekali.

Pada tahun 2009, pada undangan pertamanya, Presiden Barack Obama mengatakan hal berikut: “Makan malam ini dimulai hampir 100 tahun yang lalu sebagai cara untuk merayakan ulang tahun Jenderal Robert E. Lee. Jika dia ada di sini bersama kita malam ini, Jenderal itu akan berusia 202 tahun. Dan sangat bingung. "

Selama 80 tahun pertama atau lebih, Alfalfa Club menolak untuk menerima perempuan, keputusan yang diubah pada tahun 1994, setelah Presiden Bill Clinton memboikot sebagai protes.

Nantikan informasi lebih banyak lagi tentang kelompok hal-hal aneh dan ganjil lainnya pada postingan mendatang adalah 10 Perkumpulan Rahasia yang Mempengaruhi Sejarah dan 10 Perkumpulan Rahasia yang Menciptakan Dunia Modern.

Post a Comment for "10 Masyarakat Atau Organisasi Aneh Yang Mungkin Tidak Pernah Anda Dengar Sebelumnya"