Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Makhluk Jadi Mitos Paling Terkenal Di Dunia Hingga Saat Ini

Kita semua pernah mendengar atau membaca cerita tentang makhluk mitos di Dunia ini. Baik itu dari cerita Yunani kuno atau dongeng yang lebih modern. Oleh karena itu, pada postingan ini adalah 10 makhluk mitos paling terkenal di Dunia.

Seperti biasa, jika Anda ingin menambahkan lebih banyak, gunakan komentar di bagian bawah halaman ini. Atau baca dulu postingan lalu mengenai 10 Misteri Dunia Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

1. Giant/Raksasa

"Giant" adalah kata dalam bahasa Inggris untuk menggambarkan monster dengan kekuatan dan ukuran besar akan tetapi berbentuk manusia. Mereka muncul di dalam Alkitab (dalam kisah Raja Daud dan Goliath). Dalam mitologi mereka sering terlihat bertentangan dengan Dewa dan umumnya dianggap terkait dengan kekacauan di alam liar.

Mereka terlihat sejak budaya Yunani Kuno di mana mereka dikenal sebagai gigantes - makhluk yang lahir dari Gaia yang dibuahi oleh darah Uranus ketika dia dikebiri.

2. Banshee

Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dipandang sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai pertanda kematian dan diyakini berasal dari "dunia lain". Mereka umumnya dianggap sebagai sisa-sisa agama pagan Celtic kuno di mana mereka adalah dewa kecil, roh, atau leluhur.

Dalam bahasa Inggris mereka sering disebut sebagai peri. Menurut legenda, banshees akan berkeliaran di luar rumah sambil meratap ketika seseorang di dalamnya akan mati.

3. Gorgon

Gorgon adalah wanita jahat dengan taringnya, dan ular hidup, bukan rambut. Legenda mengatakan bahwa melihat wajah gorgon akan mengubah seseorang menjadi batu. Mungkin gorgon paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya saudara perempuan dari tiga bersaudara (yang lainnya adalah Stheno dan Euryale).

Karena Medusa adalah makhluk fana, Perseus mampu membunuhnya dengan memenggal kepalanya sementara dia melihat bayangannya di perisainya. Gambar Gorgon sering digunakan oleh orang Yunani untuk menangkal kejahatan.

4. Mermaid/Putri Duyung

Putri duyung (atau duyung dalam kasus laki-laki) telah dibahas setidaknya sejak 5000 SM. Sangat mungkin kita sekarang akan dan bahkan bingung dengan makhluk-makhluk ini.  Bahkan Christopher Columbus sendiri mengklaim telah melihat beberapa dalam perjalanannya. Dalam cerita rakyat Inggris, mereka (Putri Duyung) ini dianggap sebagai peringatan awal akan terjadi malapetaka atau bencana.
Gambar : manado.tribunnews.com
Putri duyung (atau duyung dalam kasus laki-laki) telah dibahas setidaknya sejak 5000 SM. Sangat mungkin kita sekarang akan dan bahkan bingung dengan makhluk-makhluk ini.

Bahkan Christopher Columbus sendiri mengklaim telah melihat beberapa dalam perjalanannya. Dalam cerita rakyat Inggris, mereka (Putri Duyung) ini dianggap sebagai peringatan awal akan terjadi malapetaka atau bencana.

5. Cyclops

Seekor Cyclops adalah anggota ras raksasa purba, masing-masing dengan satu mata bulat di tengah dahinya. Cyclops dijelaskan oleh Homer dan Hesiod. Menurut Hesiod, Cyclops — Brontes, Steropes, dan Arges - adalah anak-anak Uranus (Langit) dan Gaia (Bumi).

Sedangkan menurut Homer istilah "Cyclops" mengacu pada putra tertentu Poseidon dan Thoosa bernama Polyphemus yang merupakan Cyclops itu sendiri.

6. Minotaur

Dalam mitologi Yunani, Minotaurus memiliki tubuh bagian atas seperti banteng dan tubuh bagian bawah adalah manusia. Pernah dikatakan atau diklaim tinggal di tengah labirin yang merupakan konstruksi besar seperti labirin yang dibangun untuk Raja Minos dari Kreta terutama untuk menampung minotaur.

Ini dirancang oleh Daedalus dan umumnya dianggap berada di situs Knossos. Minotaur muncul sebentar dalam sebuah adegan dari Satyricon oleh Petronius. Sebelum dia akhirnya dibunuh oleh Theseus.

7. Satyr/Satir

Satyr awalnya dipandang sebagai sahabat dewa kambing Pan di peradaban Yunani kuno. Gambar pertama satyr adalah laki-laki normal, meskipun seringkali dengan lingga tegak. Itu kemudian bergabung dengan faun Romawi yaitu ketika mereka mulai digambarkan sebagai setengah laki-laki setengah kambing (tubuh bagian atas adalah manusia, dan bagian bawah adalah kambing).

Satyr digambarkan sebagai orang yang nakal tapi berhati lemah - subversif dan berbahaya, namun pemalu dan pengecut. Di usia tua mereka sering terlihat dengan tanduk di kepala mereka, sedangkan satyr muda terlihat dengan inti sebagai gantinya.

8. Unicorn

Unicorn biasanya ditampilkan sebagai kuda dengan tanduk tunggal yang panjang di kepalanya, tetapi awalnya memiliki jenggot kambing, ekor singa, dan kuku terbelah. Unicorn sebenarnya adalah satu-satunya makhluk dalam legenda yang tidak berasal dari ketakutan manusia dan, pada kenyataannya, makhluk yang agak lembut.

Dianggap tidak mungkin untuk menangkap unicorn kecuali dengan menggunakan metode yang tidak adil. Tanduk itu dikatakan-diklaim bisa menetralkan racun. Unicorn pertama kali dikenal selama Peradaban Lembah Indus (3300–1700 SM).

9. Phoenix

Burung phoenix adalah burung api mitos dari Mesir Kuno yang digambarkan sebagai burung yang mati dalam api dan dilahirkan kembali dari-Nya. Biasanya digambarkan memiliki bulu emas dan merah.  Di akhir hidupnya, seekor burung phoenix dikatakan membangun sarang ranting kayu manis yang kemudian dinyalakan. Burung itu hancur dalam api tetapi burung phoenix muda yang baru lahir dari api yang sama.  Hal itu diyakini memiliki rentang hidup 500 - 1461 tahun (tergantung siapa yang Anda tanya). Air matanya dianggap bisa menyembuhkan luka.
Gambar : Google-Reddit
Burung phoenix adalah burung api mitos dari Mesir Kuno yang digambarkan sebagai burung yang mati dalam api dan dilahirkan kembali dari-Nya. Biasanya digambarkan memiliki bulu emas dan merah.

Di akhir hidupnya, seekor burung phoenix dikatakan membangun sarang ranting kayu manis yang kemudian dinyalakan. Burung itu hancur dalam api tetapi burung phoenix muda yang baru lahir dari api yang sama.

Hal itu diyakini memiliki rentang hidup 500 - 1461 tahun (tergantung siapa yang Anda tanya). Air matanya dianggap bisa menyembuhkan luka.

10. Griffin (or Gryphon)

Griffin biasanya dicirikan sebagai singa dengan kepala dan sayap elang. Ia dianggap sebagai makhluk yang sangat kuat karena singa adalah raja binatang dan elang adalah raja burung.

Di zaman kuno itu dianggap sebagai pelindung Ilahi. Makhluk itu terlihat dalam peradaban sejak peradaban Minoan (2700 SM hingga 1450 SM).

Sebelum meninggalkan halaman ini, mungkin Anda tertarik untuk membaca postingan lainnya tentang 10 Misteri Dunia Lainnya Yang Belum Terpecahkan Hingga Saat Ini

Post a comment for "10 Makhluk Jadi Mitos Paling Terkenal Di Dunia Hingga Saat Ini"