Monday, 29 January 2018

6 Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

Jambu biji merupakan tanaman yang bukan berasal dari Indonesia melainkan tanaman yang berasal dari negara Meksiko, Amerika Selatan. Akan tetapi saat ini buah yang memiliki banyak biji telah banyak dibudidayakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis.    Buah yang memiliki nama latin guava ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan untuk kecantikan.    Sebelum membahas manfaat buah jambu biji, berikut adalah beberapa kandungan yang dimiliki buah jambu biji ini adalah sebagai berikut:    1. Anti Oksidan Anti oksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau menangkal terjadinya oksidasi oleh molekul lain atau bisa dikatakan sebagai zat yang mempu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh seperti sakit jantung dan ginjal.    Ternyata kandungan anti oksidan yang tinggi tidak hanya terdapat di dalam daging buahnya saja melainkan pada daunnya juga, oleh sebab itu jambu biji sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.    2. Fitonutrein Fitonutrein adalah zat yang bertanggung jawab untuk memberikan rasa, warna dan aroma pada sayur dan buah. Fitonutrein paling banyak didapatkan dari sayur dan buah-buahan yang memiliki warna yang mencolok seperti buah jambu biji, strawberry, atau buah naga.    Kandungan manfaat buah jambu biji ini bisa diambil dari kandungan fitonutrein yang terkandung di dalamnya, yang sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaga organ prostat.    3. Vitamin A Manfaat buah jambu biji bisa didapatkan dari kandungan karetenoid yang ada di dalamnya, yakni vitamin A. Buah dengan warna yang cantik dan mencolok biasanya memiliki kandungan keretenoid yang tinggi dna memiliki kandungan vitamin A yang tentu saja sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.    Selain menjaga kesehatan mata, manfaat vitamin A adalah dapat mencegah penyakit jantung, menjaga kelembutan kulit dan meningkatkan system kekebalan tubuh serta menjaga sel-sel di dalam tubuh.    4. Vitamin C Menurut penelitian yang dilakukan terhadap kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jambu biji merah memiliki 4 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk.    Manfaat dari vitamin C yang baik untuk tubuh adalah dapat menjaga kesehatan gusi, gigi dan mulut, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan pembuluh darah, membantu menyembuhkan bekas luka dan membantu penyerap zat besi pada tubuh.    Setelah Anda mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah jambu biji. Selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat buah jambu biji yang baik untuk kesehatan tubuh.    Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat yang terkandung di dalam buah jambu biji:    1. Mencegah kanker Manfaat buah jambu biji merah yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Hal ini disebabkan kandungan buah jambu biji merah yang rendah kalori dan rendah lemak.
Siapa yang tidak mengenal buah manis yang satu ini? Meskipun memiliki biji di tengahnya, akan tetapi rasa manis dan tekstur yang lembut serta kandungan manfaat buah jambu biji ini mampu mengalahkannya.

Tak heran jika buah mangga ini menjadi buah yang dicintai oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam jambu biji pun terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jambu biji merupakan tanaman yang bukan berasal dari Indonesia melainkan tanaman yang berasal dari negara Meksiko, Amerika Selatan. Akan tetapi saat ini buah yang memiliki banyak biji telah banyak dibudidayakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Buah yang memiliki nama latin guava ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan untuk kecantikan.

Sebelum membahas manfaat buah jambu biji, berikut adalah beberapa kandungan yang dimiliki buah jambu biji ini adalah sebagai berikut:

1. Anti Oksidan

Anti oksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau menangkal terjadinya oksidasi oleh molekul lain atau bisa dikatakan sebagai zat yang mempu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh seperti sakit jantung dan ginjal.

Ternyata kandungan anti oksidan yang tinggi tidak hanya terdapat di dalam daging buahnya saja melainkan pada daunnya juga, oleh sebab itu jambu biji sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Fitonutrein

Fitonutrein adalah zat yang bertanggung jawab untuk memberikan rasa, warna dan aroma pada sayur dan buah. Fitonutrein paling banyak didapatkan dari sayur dan buah-buahan yang memiliki warna yang mencolok seperti buah jambu biji, strawberry, atau buah naga.

Kandungan manfaat buah jambu biji ini bisa diambil dari kandungan fitonutrein yang terkandung di dalamnya, yang sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaga organ prostat.

3. Vitamin A

Manfaat buah jambu biji bisa didapatkan dari kandungan karetenoid yang ada di dalamnya, yakni vitamin A. Buah dengan warna yang cantik dan mencolok biasanya memiliki kandungan keretenoid yang tinggi dna memiliki kandungan vitamin A yang tentu saja sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Selain menjaga kesehatan mata, manfaat vitamin A adalah dapat mencegah penyakit jantung, menjaga kelembutan kulit dan meningkatkan system kekebalan tubuh serta menjaga sel-sel di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan vitamin A, bukan hanya pada buah jambu biji, namun beberapa buah yang mengandung vitamin A ini, seperti buah kurma juga mengadung vitamin A. Selebihnya Anda bisa membacanya pada posts khasiat buah kurma untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

4. Vitamin C

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jambu biji merah memiliki 4 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Manfaat dari vitamin C yang baik untuk tubuh adalah dapat menjaga kesehatan gusi, gigi dan mulut, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan pembuluh darah, membantu menyembuhkan bekas luka dan membantu penyerap zat besi pada tubuh.

Setelah Anda mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah jambu biji. Tentu juga Anda telah mengetahui postingan yang lalu mengenai khasiat buah salak bagi kesehatan dan untuk Wanita yang sedang hamil.

Selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat buah jambu biji yang baik untuk kesehatan tubuh.
Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat yang terkandung di dalam buah jambu biji:

1. Mencegah kanker

Manfaat buah jambu biji merah yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Hal ini disebabkan kandungan buah jambu biji merah yang rendah kalori dan rendah lemak.

Selain itu kandungan vitamin A di dalam buah jambu biji juga terbilang cukup tinggi. Kandungan antioksidan di dalam buah jambu biji merah juga efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Melancarkan Sistem pencernaan

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, jambu biji juga mengandung serat larut sebanyak 5,4 gram di dalam setiap buahnya. Serat inilah yang dipercaya mampu membantu melancarkan system pencernaan makanan dan memperlancar pembuangan jika terjadi penumpukan kotoran di dalam usus.


Selain itu serat juga berfungsi melindungi membrane usus dari ikatan-ikatan zat kimia berbahaya yang berasal dari makan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh.

5. Meningkatkan fungsi otak

Dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin baik dimakan langsung maupun dijus terlebih dahulu sehingga Anda bisa mendapatkan kandungan manfaat buah jambu biji ini. Yaitu kemampuan untuk meningkatkan fungsi otak.

Kandungan vitamin B3 dan vitamin b6 yang terdapat di dalam buah jambu biji mampu merangsang kinerja otak. Vitamin B6 atau yang biasa dikenal dengan pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah yang dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.

3. Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di kandungan yang terdapat di dalam buah jambu biji bahwa kandungan vitamin C nya sangatlah tinggi dan bisa dijadikan sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Radikal bebas yang saat ini berkembang di lingkungan tempat tinggal sebagai musuh baru adalah polusi.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan senyawa elektrolit yang ada di dalam buah jambu biji yang bernama kalium ini juga sangat baik bagi tubuh. Manfaat buah jambu biji bisa didapatkann dari kandungan kalium yang ada di dalamnya, dimana kalium tersebut mampu membantu mengendalikan tekanan darah yang tinggi akibat dari adanya reaksi natrium.
Selain itu kandungan vitamin A di dalam buah jambu biji juga terbilang cukup tinggi. Kandungan antioksidan di dalam buah jambu biji merah juga efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.    2. Melancarkan Sistem pencernaan Selain mengandung antioksidan yang tinggi, jambu biji juga mengandung serat larut sebanyak 5,4 gram di dalam setiap buahnya. Serat inilah yang dipercaya mampu membantu melancarkan system pencernaan makanan dan memperlancar pembuangan jika terjadi penumpukan kotoran di dalam usus.    Selain itu serat juga berfungsi melindungi membrane usus dari ikatan-ikatan zat kimia berbahaya yang berasal dari makan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh.    5. Meningkatkan fungsi otak Dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin baik dimakan langsung maupun dijus terlebih dahulu sehingga Anda bisa mendapatkan kandungan manfaat buah jambu biji ini. Yaitu kemampuan untuk meningkatkan fungsi otak.    Kandungan vitamin B3 dan vitamin b6 yang terdapat di dalam buah jambu biji mampu merangsang kinerja otak. Vitamin B6 atau yang biasa dikenal dengan pyridoxine ini juga berfungsi sebagai pelancar aliran darah yang dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dan saraf.    3. Menangkal Radikal Bebas Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di kandungan yang terdapat di dalam buah jambu biji bahwa kandungan vitamin C nya sangatlah tinggi dan bisa dijadikan sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.    Radikal bebas yang saat ini berkembang di lingkungan tempat tinggal sebagai musuh baru adalah polusi.    4. Mengontrol Tekanan Darah Kandungan senyawa elektrolit yang ada di dalam buah jambu biji yang bernama kalium ini juga sangat baik bagi tubuh. Manfaat buah jambu biji bisa didapatkann dari kandungan kalium yang ada di dalamnya, dimana kalium tersebut mampu membantu mengendalikan tekanan darah yang tinggi akibat dari adanya reaksi natrium.
Buah lain yang juga memiliki kandungan kalium adalah pisang, dengan kadar kalium yang dimiliki setara dengan yang ada di dalam buah jambu biji merah. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat buah pisang, Anda bisa membacanya pada postingan manfaat dan khasiat buah pisang bagi kesehatan.

5. Membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh

Kandungan senyawa yang mampu membatu penyerapan nutrisi si dalam tubuh yang terdapat di dalam buah jambu biji adalah mangan. Mangan ini berfungsi sebagai pembantu penyerapan makanan saat makanan berada di dalam usus.

Kesehatan tubuh yang Anda miliki akan tergantung pada seberapa maksimal penyerapan nutrisi yang diserap oleh tubuh Anda.

Anda bisa juga membaca mengenai berbagai manfaat buah-buahan yang bisa membantu penyerana nutrisi di dalam tubuh pada postingan Khasiat buah-buahan untuk kebugaran tubuh.

6. Merelaksasi tubuh

Dengan mengkonsumsi buah jambu biji yang mengandung magnesium, yang mampu membuat efek rileks pada tubuh. Kandungan manfaat buah jambu biji melalui magnesium mampu mengendurkan otot dan saraf yang tegang karena kurang istirahat dan stress.

Ditambah lagi dengan kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalam buah jambu biji dipercaya memiliki fungsi sebagai perileks saraf.

Manfaat Buah jambu biji selain baik untuk kesehatan, jambu biji juga sangat baik untuk menjaga kecantikan. Hal ini terbukti dengan adanya masker wajah yang terbuat dari jambu biji. Masker ini dipercaya mampu merawat kecantikan kulit dan mampu mencerahkan kulit wajah.

Tak hanya itu, khasiat buah jambu biji juga dapat melindungi dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

Buah jambu biji juga dipercaya mampu untuk menghalau terjadinya tAnda-tAnda penuaan dini. seperti munculnya kerutan dan garis halus pada dan flek-flek hitam.

Kandungan zat likopen sebagai anti oksidan alami mampu melindungi dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar ultra violet dan radikal bebas.

Manfaat buah jambu biji untuk kecantikan lainnya adalah sebagai toner kulit alami. Hal ini berhubungan dengan kandungan mineral dan juga vitaminnya, membuat buah yang memiliki banyak biji ini dapat digunakan sebagai bahan penyegar kulit secara alami.

Elastisitas atau kekenyalan kulit dan kelembaban kulit akan tetap terjaga. Selain itu Anda juga bisa membaca postingan tentang manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit.

Kulit Anda bisa terbebas dari beberapa masalah kulit seperti kulit kering dan kulit kusam dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin.

Ada beberapa bahan alami beupa buah yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan kecantikan kulit Anda, Salah satunya dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur dan tidak berlebihan niscaya Anda akan mendapatkan manfaat buah jambu biji yang baik untuk tubuh Anda secara maksimal.

Nah, sampai disini beberapa penjelasan mengenai manfaat jambu biji, dan pada postingan selanjutnya kita akan bahas mengenai khasiat dan manfaat buah kelapa secara terperinci.

This Is The Newest Post

- Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Artikel.
- Komentar yang mengandung SP4M akan otomatis ke kotak SP4M.
- Link/Url Aktif Mati akan dihapus.
- Terima Kasih Atas Komentar dan Pengertiannya.
EmoticonEmoticon